7 Strategi Bisnis Yang Wajib Dimiliki Entrepreneur
Menjamurnya berbagai peluang usaha baru
di Indonesia, ternyata tidak hanya menuntut kreativitas dari para pengusaha
untuk terus bisa berkarya, namun juga mengharuskan sebagian besar dari mereka
untuk mulai menyusun beberapa strategi bisnis yang jitu guna memenangkan
persaingan yang ada. Ketatnya persaingan pasar, dan munculnya para pemain baru
di berbagai penjuru negeri, membuat sebagian besar pelaku usaha di Indonesia
harus siap bersaing dengan pelaku usaha lainnya guna mempertahankan eskistensi
kerajaan bisnisnya.Karenanya, untuk membantu para pemula maupun para pelaku
usaha dalam mempertahankan eksistensi bisnisnya, berikut ini kami informasikan 7 strategi bisnis yang wajib dimiliki entrepreneur sebelum akhirnya mereka terjun di tengah ketatnya persaingan pasar.
1. Berani berpikir kreatif dan segera mulai melangkah.
Modal utama yang perlu dimiliki seorang entrepreneur sukses adalah berani
berpikir kreatif dan mewujudkan ide-ide gila yang telah mereka ciptakan. Modal
kreatif saja ternyata tidaklah cukup. Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda
dituntut untuk segera mulai melangkah dan menemukan cara paling efektif untuk
segera mewujudkan mimpi-mimpi besar yang telah dicita-citakannya.
2. Mulailah dari lingkungan Anda
Tak jarang para pemula bersikap terlalu berlebihan dalam mencari sebuah ide
bisnis. Mereka sering menginginkan bisnis yang bonefit, menghasilkan banyak
keuntungan, namun tidak membutuhkan modal besar. Padahal, untuk menciptakan
peluang bisnis yang potensial Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana yang
ada di sekitar kita. Contohnya saja seperti ide sang pengusaha
sukses dari Grobogan yakni Rustono, yang sekarang ini berhasil
menjadi juragan tempe di negara maju seperti Jepang.
3. Tetapkan biaya produksi yang proposional
Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda harus lebih jeli dalam
menganggarkan biaya pengeluaran dan menyiapkan strategi pemasaran jitu untuk
bisa mendatangkan penghasilan yang maksimal. Sebisa mungkin tekan biaya
produksi agar harga jual yang Anda tawarkan kepada konsumen bisa terjangkau,
dan keuntungan yang didapatkan semakin hari kian berlipat-lipat. Strategi
inilah yang berhasil mengantarkan kesuksesan Waroeng Steak and Shake, karena
dengan tagline “Bukan Steak Biasa”, sang pengusaha berusaha menawarkan menu
kuliner serba steak dengan harga jual yang bersahabat dengan kantong konsumen
yang rata-rata adalah para mahasiswa, pelajar, dan masyarakat menengah ke
bawah.
4. Manfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas
Perkembangan teknologi dan informasi di era serba digital seperti sekarang ini,
tentunya bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menjangkan peluang pasar yang
lebih luas. Bila sebelumnya Anda belum menjamah pasar online untuk memasarkan
produk Anda, maka tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mengoptimalkan
penggunaan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, website, dan
lain sebagainya untuk mengurangi besarnya biaya iklan offline yang semakin
tinggi serta menjangkau calon konsumen di berbagai belahan dunia.
5. Terus kembangkan brand Anda
Tak bisa kita pungkiri bila kekuatan sebuah brand masih sangat penting dalam
mengembangkan sebuah usaha.
Oleh karena itu, terus hidupkan brand bisnis Anda dan jagalah reputasinya agar
semakin dikenal banyak orang dan disukai para pelanggan. Untuk menjalankan
strategi tersebut, Anda bisa melengkapi profil perusahaan Anda dengan sejarah
singkat mengenai pendirian usaha maupun kisah dibalik pembuatan produk unggulan
yang menjadi brand utama bisnis Anda.
6. Tumbuhkan bakat berwirausaha
Setiap orang bisa menjadi pengusaha sukses apabila mereka mau dan mampu
menumbuhkan bakat wirausaha yang ada dalam diri mereka. Berbekal niat,
semangat, dan tekad yang cukup kuat, setiap orang bisa mendapatkan ilmu dan
ketrampilan khusus tentang wirausaha melalui buku-buku atau majalah bisnis yang
beredar di pasaran, mengakses informasi dari media internet, maupun bergaul
dengan para pengusaha sukses yang bisa memotivasi diri Anda untuk terus maju
dan merintis sebuah usaha.
7. Siap menghadapi berbagai resiko
Ketika menjalankan sebuah usaha, hadirnya sebuah hambatan, tantangan, maupun
berbagai kendala yang muncul di tengah perjalanan usaha, menjadi salah satu
resiko yang harus dihadapi para pelakunya. Karenanya, untuk menghadapi resiko
tersebut, pastikan bahwa semua perencanaan bisnis Anda sudah dipersiapkan
dengan matang agar munculnya sebuah resiko bisa diminimalisir sekecil mungkin.
Nah, ini dulu sedikit informasi tips bisnis yang
bisa kami sampaikan kepada para pembaca. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat
bagi semua lapisan masyarakat dan membantu para pemula yang tertarik menekuni
dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
0 komentar:
Posting Komentar